QRIS Warung Makan Bule

Warung Makan Bule menerima pembayaran Non Tunai melalui Scan QRIS

Kabar gembira bagi pengunjung Warung Makan Bule, saat ini Warung Makan Bule sudah bisa menerima pembayaran Non Tunai menggunakan scan QRIS, Jadi tidak perlu repot-repot lagi membayar dengan cash dan tidak perlu menunggu proses kembalian uang. Anda bisa menggunakan OVO, GoPay, Link Aja, DANA, BCA dan aplikasi lainnya yang sudah terhubung dengan QRIS

Untuk lebih jelas nya apa itu QRIS, Kami akan menjelaskannya dibawah ini:

Apa itu QR Code?

Di zaman yang serba digital saat ini, pembayaran elektronik pasti sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan masyarakat di Indonesia. Mungkin kalian salah satunya yang bayar kopi tanpa mengeluarkan uang tunai, alias tinggal ngeluarin ponsel dan nge-scan QR Code yang tertera di meja kasir atau di struk pembayaran yang diberikan oleh kasirnya.

Jadi sebenarnya, QR Code itu apa sih? QR Code itu adalah sebuah kode matriks 2 dimensi, terdiri atas penanda tiga pola persegi pada sudut kiri bawah, sudut kiri atas dan sudut kanan atas, memiliki modul hitam berupa persegi, titik atau piksel, dan memiliki kemampuan menyimpan data alfanumerik, karakter dan simbol. Bingung? Intinya, QR Code ini adalah pengembangan teknologi yang membantu perangkat dalam men-transfer sejumlah data agar kegiatan yang dilakukan bisa terlaksana dengan cepat, efisien, dan simpel – misalnya dalam hal bayar membayar.

Apa yang dimaksud dengan QRIS?

QRIS memiliki kepanjangan Quick Response Code Indonesian Standard. QRIS ini adalah standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code yang kalian lakukan lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

QRIS Warung Makan Bule
QRIS yang terpampang di Warung Makan Bule

Apa yang membedakan QRIS dengan QR Code pembayaran yang telah digunakan selama ini?

Dengan adanya QRIS, maka sekarang seluruh transaksi pembayaran yang menggunakan QR Code hanya memerlukan satu QR Code aja nih.. karena kode QR itu yang sudah terintegrasi dengan seluruh aplikasi yang menyediakan dan/atau menerima pembayaran dengan QR code. Jadi, tidak perlu lagi kamu pusing-pusing dihadapkan dengan berbagai macam QR Code dalam satu merchant, karena dengan QRIS, cukup satu QR Code untuk semua.

Apa saja model pembayaran yang bisa dilakukan dengan QRIS?

Menggunakan QRIS bisa melalui 2 metode, yaitu Merchant Presented Mode dan Customer Presented Mode. Maksudnya apa sih? Maksudnya, QR Code-nya bisa diberikan oleh merchant atau tempat kalian sedang melakukan transaksi, baik itu di tent card yang ada di meja kasir, maupun di alat pemindai QR Code yang disediakan oleh penyedia QR Code, atau dari struk transaksi. Atau… Kalian sendiri yang menunjukkan QR Code pada layar ponsel untuk dapat di-scan oleh alat QR Scanner yang tersedia di tiap lokasi transaksi. Biasanya sih QR Code yang tertera di ponsel kamu itu bisa kalian akses melalui aplikasi penyedia layanan QR Code-nya.

Apa itu Merchant Presented Mode?

Pada Merchant Presented Mode, QRIS akan muncul di pihak merchant yang kemudian akan di-scan oleh pengguna. Jadi, ketika kalian hendak menyelesaikan transaksi di merchant tertentu, kalian akan diberikan atau disodorkan QRIS oleh si kasir dan dengan menggunakan ponsel masing-masing, caranya:

1. Kalian bisa membuka aplikasi pembayaran yang diinginkan,

2. Memilih fitur layanan QR Code scanner, dan voila!

3. Tinggal scan QRIS dari ponsel kalian dan tunggu notifikasi transaksi selesai deh.. gampang kan?

Psst.. tapi jangan lupa top up ya.. malu dong udah canggih gini tapi saldonya gak mencukupi, hehehe..

Bagikan Info

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Warung Makan Bule